May 27, 2020
tipe kandang kelinci

Tipe Kandang Kelinci Yang Sering Di Pakai Peternak

Peluang usaha budidaya kelinci terus berkembang dan sangat menjanjikan. Dua jenis kelinci yang sering dibudidayakan peternak adalah kelinci pedaging dan kelinci hias. Permintaan kelinci pedaging oleh pedagang sate kelinci terus bertambah. Dan peminat kelinci hias semakin hari juga bertambah. Sehinga diperlukan beberapa tipe kandang kelinci untuk menunjang pertumbuhan kelinci tersebut.

Secara umum ada dua tipe kandang yang sering digunakan oleh peternak yaitu tipe terbuka dan tipe tertutup. Tipe terbuka dapat digunakan untuk kelinci yang tidak membutuhkan perawatan yang intensif. Tipe terbuka diadopsi dari peternak tradisional yang sudah sejak lama menggunakan tipe kandang ini. Sedangkan tipe tertutup untuk kelinci yang membutuhkan perawatan yang intensif. Kandang tertutup sering dipakai untuk kelinci pedaging karena perkembangan kelinci akan terkontrol dan pertumbuhan daging maksimal.

1. Kandang Tipe Terbuka

tipe kandang kelinci
Tipe Terbuka

Kandang terbuka memberikan ruang gerak yang lebih luas untuk aktivitas kelinci. Kandang ini cocok sekali untuk kelinci yang lincah dan aktif. Meskipun tipe terbuka, bukan berarti tidak terdapat kandang untuk tempat tinggal kelinci. Biasanya pada sudut tertentu dibuat kandang dengan atap serta tempat makan dan minum kelinci. Disebut terbuka karena areal bermain kelinci lebih luas dan tanpa atap. Bagian tepi kandang hanya dibuat pagar atau dinding dengan tinggi sekitar 1 meter. Kandang terbuka kurang cocok untuk kelinci pedaging, karena kelinci yang sering berlari dan aktif akan membuat otot/daging kelinci menjadi lebih alot.

2. Kandang Tipe Tertutup

tipe kandang kelinci
Tipe Postal

Kandang tertutup tidak membutuhkan tempat yang luas dan cocok untuk kelinci yang membutuhkan perawatan yang intensif. Kandang tipe ini dapat digunakan untuk kelinci pedaging dan kelinci hias. Beberapa jenis kelinci anggora atau hias, seperti anggora inggris membutuhkan perawatan yang intensif dan tidak begitu lincah sehingga cocok untuk kandang tipe ini.

Kandang tertutup juga terdiri dari 2 macam yaitu kandang tipe postal dan kandang tipe baterai. Fungsi kandang tipe postal adalah untuk kelinci hias dan proses pengawinan atau penyapihan anak kelinci. Sedangkan tipe baterai digunakan untuk pembesaran kelinci pedaging.

  • Kandan Tipe Postal : Kandang tipe ini memiliki ukuran yang sedang, sehingga kelinci masih dapat beraktivitas meskipun dalam kandang. Kandang postal sering digunakan untuk anak kelinci dengan induknya yang akan disapih. Kandang seperti ini dapat diletakkan didalam atau luar ruangan.

    tipe kandang kelinci
    Tipe Baterai
  • Kandang Tipe Baterai : Kandang tipe ini dapat dikatakan rumah susun kelinci, mirip rak susun dan dalam satu kandang hanya berisi satu ekor kelinci. Ukuran kandang relatif kecil sehingga ruang gerak kelinci terbatas. Tujuannya agar pakan yang diberikan fokus untuk pertumbuhan daging kelinci. Ukuran kandang yang sering digunakan adalah panjang 60 cm, lebar 40 cm dan tinggi 40 cm. Kandang yang terlalu sempit dapat menyebabkan kelinci stress, sehingga ukuran kandang harus menyesuaikan jenis kelinci yang dibudidayakan.

Baca juga: 9 Jenis Makanan Kelinci Terbaik Dan Bernutrisi Tinggi

Penempatan kandang kelinci postal atau baterai yang diluar ruangan harus tahan hujan. Untuk itu atap kandang harus dibuat tahan air dan dinding kandang harus tahan angin dan air sehingga kelinci tidak basah. Bagian dasar kandang harus datar dan mudah untuk dibersihkan. Bagian depat ditutup dengan menggunakan kawat untuk mempermudah pemberian makan, minum dan perawatan kelinci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *