March 31, 2020
perbedaan porang

Ini Dia Perbedaan Porang, Suweg, Iles-iles dan Walur

Perbedaan Porang – Halo sobat tani, ternyata masih banyak yang harus kita kupas tuntas mengenai tanaman porang. Saat ini tanaman porang memang sedang naik daun ya, sampai banyak kalangan yang menganggap kalo tanaman ini akan booming sebentar. “ah paling juga nasibnya kayak bunga gelombang cinta, atau kayak ikan lohan” cuitan salah satu netizen di media sosial.

Nah, kalo menurut kamu gimana sob? Kalo menurut saya sih, gak bakal seperti itu. Karena manfaat porang sangat banyak, bahkan di luar negeri jadi bahan pangan dan bahan baku industri. Tapi, kalo harga porang turun itu akan sangat mungkin. Karena hukum ekonomi mengatakan semakin banyak produk maka harga akan semakin rendah. lah terus gimana dong? saya kan mau usaha porang. Tenang sob, solusinya kita harus meningkatkan nilai jual porang tersebut. Sehingga ekspor porang ke luar negeri tidak lagi bahan mentahnya, tapi bahan turunan yang sudah siap pakai.

Peluang bisnis porang masih sangat besar, karena kebutuhan porang dalam negeri dan luar negeri masih sangat tinggi. Menurut Paidi Porang, tanaman ini sangat berpotensi untuk ekspor karena 80% porang diluar negeri digunakan untuk bahan pangan dan 20% untuk bahan kosmetik. Sehigga peluang bisnis porang masih sangat menjanjikan.

Sudah tertarik untuk menanam porang? eitss tunggu dulu, banyak yang salah paham loh mengenai perbedaan porang, suweg, walur dan iles-iles. Jangan sampai salah tanam sob! nah, pada kesempatan ini kita akan bahas perbedaannya.

Perbedaan Porang, Suweg, Walur dan Iles-iles

perbedaan porang
foto: instagram.com/porang_jaya

Di lihat dari morfologi tanaman, ke empat tanaman tersebut memang tampak sama. Tapi, porang memiliki ciri khusus yaitu terdapat katak pada tulang daunnya. Sedangkan walur, iles-iles dan suweg tidak ada kataknya. Nah, gambar umbi di atas menunjukkan perbedaan empat tanaman tersebut. Berikut ini perbedaan antara tanaman porang, suweg, walur dan iles-iles:

  1. Porang: Ukuran umbi dari sedang sampai besar. Ketika dibelah muncul getah seperti kristal pasir putih, warna umbi kekuning kunigan. Pada bagian tangkai daun terdapat pentol seperti buah disebut bulbil atau katak. Tangkai bunga hijau dan cenderung pendek.
  2. Suweg: Terdapat tunas pada umbi suweg dan pada bagian dalam umbi terdapat banyak serat-serat kasar, daging umbi berwarna orange muda. Daun berbentuk lancip dan kecil.
  3. Walur: Bentuk umbi bulat dan cenderung besar. Terdapat banyak serat kasar dan daging umbi berwarna putih. Batang berwarna cokelat dan bunga memanjang. Ukuran daun dan batang besar. Sekilas umbinya mirip suweg.
  4. Iles-iles: Ukuran umbi lebih kecil dibandingkan yang lain. Daging umbi berwarna putih dan sedikit serat. Sekilas umbi mirip dengan kentang.

Gambar tanaman porang di bawah ini, menunjukkan adanya katak yang menjadi ciri khas tanaman porang.

perbedaan porang
sumber: instagram.com/petaniporang

Demikian penjelasan tentang perbedaan porang dengan tanaman lainnya. Semoga bermanfaat buat kamu yang akan menanam porang. Jangan sungkan untuk berkomentar. Terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *