August 6, 2020
perbedaan porang dan suweg

Serupa Tapi Tak Sama Ini Dia Perbedaan Porang Dan Suweg

Perbedaan Porang dan Suweg – Beberapa tahun belakangan ini tanaman porang sedang digandrungi oleh banyak kalangan. Selain karena khasiatnya, tanaman ini juga ternyata memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Sehingga tidak heran jika porang mampu menembus pasar dunia dan ekspor ke beberapa negara seperti Jepang dan China.

Porang sudah cukup lama dikenal oleh masyarkat lokal, namun tidak sedikit yang keliru untuk membedakan porang dan suweg. Hal ini wajar terjadi karena kedua jenis tanaman ini memiliki bentuk yang serupa namun tak sama alias mirip. Dilihat dari morfologi batang, daun dan umbi sekilas kedua tanaman ini sama.

Lalu, apa perbedaan porang dan suweg? apabila diamati lagi ternyata terdapat perbedaan yang cukup nampak. Beda porang dan suweg jarang dibahas karena banyak yang menyebut porang dengan istilah suweg terutama dalam bahasa Jawa. Tidak sedikit juga yang mengira porang adalah iles-iles. Nah, selengkapnya bisa cek disini bedanya porang, suweg, iles-iles dan walur.

Perbedaan Porang Dan Suweg

perbedaan porang
gambar perbedaan porang dan suweg foto: instagram.com/porang_jaya

Sebenarnya, jika diamati dengan baik porang sangat berbeda dengan suweg. Daun porang cenderung lebih tebal dan besar dibandingkan dengan suweg. Selain itu terdapat bulbil atau biasaya disebut buah katak pada tulang daun tanaman porang yang sudah tua.  Bulbil/katak adalah tonjolan pada tangkai daun yang berwarna cokelat gelap. Sedangkan, pada tanaman suweg tidak terdapat buah katak. Berikut adalah perbedaan kedua tanaman ini:

  1. Nama Ilmiah/Latin : Porang (Amorphophallus muelleri), Suweg (Amorphophallus paeoniifolius). Kedua tanaman ini merupakan tanaman umbi-umbian dari genus Amorphophallus.
  2. Daun : Porang (bentuk daun bercabang, tebal dan besar, terdapat bulbil atau katak), Suweg (bentuk daun bercabang, agak tipis dan kecil, tidak terdapat katak).
  3. Batang : Porang dan Suweg (batang sejati tidak ada hanya batang lunak, terdapat totol/bercak putih).
  4. Umbi : Porang (umbi tunggal tidak membentuk anakan umbi, berwarna kuning cerah, terdapat getah kristal saat umbi dibelah menyerupai gula pasir), Suweg (membentuk anakan umbi, berwarna putih, terdapat semburat berwarna merah jambu atau ungu)
  5. Bunga : Porang (bunga porang sekilas mirip cabe jawa yang terdapat banyak biji, berukuran relatif lebih kecil, warna hijau sampai merah/cokelat), Suweg ( bunga suweg muncul dari dalam tanah, berukuran cukup besar dan berbentuk kerucut, warna merah tua atau keungu-unguan, sering disebut bunga bangkai)

baca juga: 4 Cara Menanam Porang Di Lahan Terbuka Untuk Pemula

Demikian perbedaan porang dan suweg jika dilihat dari beberapa sudut padang. Kedua tanaman ini agak sulit untuk dibedakan karena masih dalam satu genus yang sama. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *