May 27, 2020
pasca panen vanili

Mengenal Proses Pasca Panen Vanili Yang Baik Dan Benar

Halo sobat tani..!! Apa kabar hari ini? semoga selalu dalam keadaan baik ya. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas proses pasca panen vanili. Seperti yang kita tahu bahwa proses ini adalah langkah terakhir dan sangat menentukan kualitas vanili yang akan dihasilkan.

Tanaman yang memiliki nama latin Vanilia planifola ini dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian tempat 300-900 mdpl, kelembaban udara 60 – 80% dan pH tanah 5,5 – 6,5. Cara menanam vanili sangat mudah untuk dilakukan bahkan untuk seorang pemula sekalipun. Kendala yang sering di hadapi biasanya saat proses pembungaan dan proses pasca panen.

Proses pembungaan vanili harus dibantu oleh manusia atau hewan seperti lebah. Sehingga saat vanili sudah berbunga maka kamu harus sudah mempesiapkan alat untuk membantu proses “pengawinan”. Sedangkan kendala proses pasca panen sering di keluhkan karena banyak petani yang menganggapnya rumit atau sulit. Padahal sebenarnya proses ini tidak sulit, hanya membutuhkan sedikit ketekunan.

Harga vanili kering super dapat mencapai angka 5 juta rupiah per kilogram. Sedangkan harga vanili basah atau vanili hijau hanya sekitar 500-900 ribu rupiah per kilogram. Untuk itu perlu di lakukan proses pasca panen vanili yang baik dan benar supaya mendapatkan untung yang maksimal.

4 Tahap Pasca Panen Polong Vanili

pasca panen vanili
sumber foto: instagram/vanili_indonesia

Setelah polong vanili dipanen maka perlu dilakukan pengolahan setelah panen. Proses ini biasa disebut pasca panen yang harus melalui beberapa proses supaya dihasilkan vanili yang berkualitas tinggi/premium. Berikut adalah prosesnya

  1. Perebusan: sebelum dijemur terlebih dahulu vanili direbus atau dicelupkan ke dalam air panas. Hal ini bertujuan untuk mencegah tumbuhnya jamur pada buah vanili. Proses perebusan dilakukan sebentar sekitar 5-10 detik kemudian tiriskan. Jika perebusan dilakukan terlalu lama maka kulit vanili dapat mengelupas.
  2. Penirisan: Setelah direbus vanili dibungkus dengan menggunakan kain berwarna hitam kemudian tiriskan dan diamkan selama satu malam.
  3. Penjemuran: Penjemuran dilakukan selama 3 jam dalam satu hari yaitu dari jam 9-12 siang. Letakkan vanili diatas kain hitam dan disusun dengan rapih. Kain hitam mampu menyerap panas sehingga vanili akan lebih cepat kering dan merata. Proses penjemuran ini dilakukan sekitar 2-3 minggu.
  4. Penggosokan: Selama proses penjemuran vanili digosok-gosok dengan tangan dan di bolak balik. Penggosokan dapat membuat vanili lebih mengkilap dan bersih. Proses ini dilakukan terus sampai vanili kering sempurna dan siap untuk dijual.

Kurang lebih seperti itulah tahap yang harus dilakukan untuk mendapatkan vanili yang premium. Jangan lupa baca cara menanam vanili agar cepat berbunga supaya kamu lebih yakin untuk memulai bisnis vanili.

Terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *