Morfologi Durian Musang King | Ini Bentuk Dan Cirinya

Halo sobat tani..!! Gimana kabar hari ini? masih ingat artikel sebelumnya yang membahas cara menanam durian musang king agar cepat berbuah. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas bentuk tubuh atau morfologi tanaman durian musang king. Pengetahuan tentang morfologi ini sangat penting untuk dapat membedakan durian musang king dan durian lain.

Keistimewaan rasa, aroma dan tekstur durian musang king membuat banyak orang menyukai buah ini. Sehingga tidak sedikit juga yang ingin menanam sendiri durian musang king. Nah, kamu termasuk yang mana? kalo kamu ingin menanam maka kamu harus tahu morfologinya.

Morfologi Durian Musang King

morfologi durian musang king
bibit durian musang king via: instagram.com/mastani.id

Durian dari Malaysia ini dapat di terima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Mungkin rasanya yang cocok di lidah masyarakat Indonesia. Saat ini sudah banyak bibit durian musang king yang di jual toko pertanian atau perorangan. Kalian dapat menemukannya dengan mudah bahkan di sosial media seperti instagram dan facebook. Supaya tidak salah beli pahami morfologinye berikut ini:

1. Tinggi Tanaman

Tanaman ini mirip dengan durian pada umumnya yaitu dapat tumbuh dengan tinggi 25 sampai 50 m. Hal ini tergantung dengan teknik budidaya yang diterapkan karena, pada umumnya durian musang king yang memiliki banyak cabang menghasilkan buah yang lebih banyak. Sehinga kebanyakan petani durian memangkas bagian pucuk batang pada tinggi sekitar 8 m.

2. Bentuk Daun

Bentuk daun lonjong dengan pangkal lancip atau tumpul dan ujung daun lancip melandai. Bagian atas daun hijau dan bagian bawah daun berwarna keemasan.

3. Bunga

Biasanya bunga durian muncul langsung dari batang, atau dari pangkal cabang-cabang tanaman. Bunga ini akan keluar secara berkelompok dan bersamaan dalam jumlah yang cukup banyak. Namun, hanya tidak semua bunga tersebut menjadi buah. Bunga durian cenderung mekar pada sore hari dan hanya bertahan beberapa hari.

4. Bentuk Buah Durian Musang King

morfologi durian musang king
sumber: instagram.com/mastani.id

Bentuk buah ini relatif lonjong dengan duri piramida yang merata pada seluruh bagian buah. Tangkai buah berwarna cokelat dan terdapat 5 garis yang mengarah ke pusat bagian bawah buah. Bagian dalam durian ini berwarna kuning tua mirip dengan warna kunyit dengan rasa manis sedikit pahit, daging buah tebal, biji kecil dan kempis.

5. Perakaran

Perakaran durian musang king yang ditanam menggunakan biji biasanya memiliki akar tunggang yang mampu menopang tanaman dengan kuat. selain itu, terdapat perakaran serabut atau akar papan.

Itulah morfologi durian musang king, secara umum mirip dengan durian pada umumnya. Namun, kamu akan dapat dengan mudah membedakan durian ini dengan durian lain terutama dari rasa daging buah dan bentuk biji. Semoga bermanfaat dan terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *