iklan coffe

Mengenal Tanaman Nanas Dan Manfaat Nanas Bagi Kesehatan

Manfaat Nanas РNanas atau sering disebut nenas adalah salah satu buah tropis yang sangat diminati oleh banyak orang. Rasa buah nanas yang manis dan agak asam menjadi cita rasa  yang khas. Sehingga tidak jarang jika buah yang satu ini sering dijadikan untuk petis, rujak atau dimakan langsung.

Tanaman nanas memiliki nama latin (Ananas comosus L.) merupakan buah tropis yang berasal dari Brazil, Amerika Selatan. Potensi nanas untuk dikembangkan di Indonesia sangat besar. Beberapa daerah seperti Lampung, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Riau, Sulawesi dan beberapa daerah lainnya menjadi daerah penghasil nanas.

Budidaya tanaman nanas cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Tanaman ini dapat tumbuh baik pada daerah dataran rendah sampai tinggi yaitu sekitar 100-800 mdpl (meter diatas permukaan laut). Curah hujan yang dibutuhkan tanaman nanas yaitu 1000mm-1500mm per tahun. Sedangkan pH tanah yang dibutuhkan yaitu 4-5,5 dan drainase yang baik.

Manfaat Nanas Bagi Kesehatan

Manfaat Nanas
Nanas Madu

Buah nanas dapat diolah dan dimanfaatkan menjadi berbagai macam olahan seperti kue, selai, es buah dan dimakan langsung. Selain rasa nenas yang enak, manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan juga sangat banyak. Berikut ini manfaatnya:

  1. Kandungan Vitamin C yang tinggi: Vitamin C sangat berguna untuk mencegah penyakit dan melawan sel kanker, menjaga kesehatan mata dan mengurangi stress.
  2. Memperlancar proses pencernaan: Kandungan bromelain yang tinggi dalam buah nanas dapat memperlancar pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh.
  3. Menjaga kesehatan kulit: Kandungan kolagen dan vitamin C pada nanas juga memiliki khasiat untuk kulit yaitu dapat mencerahkan kuklit dan mengobati jerawat.
  4. Meningkatkan imun tubuh: Kandungan vitamin C yang tinggi juga dapat meningkatkan imun tubuh, vitamin C dapat merangsang aktivitas sel darah putih dan antioksidan.
  5. Memperlancar sirkulasi darah: kandungan enzim dan zat tembaga dalam nanas dapat merangsang pembentukan sel darah merah dan memperlancar sirkulasi darah.

Nah, itu dia beberapa manfaat nanas bagi kesehatan tubuh manusia. Beragam manfaat inilah yang membuat nanas memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Semoga bermanfaat..

Baca juga:

Mengenal Manfaat dan Keunggulan Mangga Gedong Gincu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *