July 15, 2020
mangga gedong gincu

Mengenal Manfaat dan Keunggulan Mangga Gedong Gincu

Halo sobat tani..sebelumnya kita sudah membahas manfaat porang. Nah, kali ini kita akan membahas manfaat mangga. Kamu pasti tahu mangga Indramayu atau mangga harum manis kan yang rasanya enak, manis, sedikit serabut dan keunggulan lainnya. Tapi ternyata ada mangga unggulan Jawa Barat juga nih yang ternyata lebih top dari mangga tersebut yaitu mangga gedong gincu.

Orang Sunda menyebutnya mangga gedong gincu majalengka, gincu dalam bahasa Sunda adalah lipstik (warna merah). Mangga ini banyak ditemukan di Indramayu dan Majalengka. Apa sih keunggulan dan kelemahan mangga ini kok jadi favorit banyak orang.

Nah, mangga ini berukuran lebih kecil daripada mangga pada umumnya. Berwarna merah merona dan bentuk hampir bulat mirip seperti buah apel. Konon mangga gedong gincu dulunya adalah makanan orang-orang sugih atau kelas atas. Hal ini karena harga buah ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan harga mangga pada umumnya.

Keunggulan Mangga Gedong Gincu

mangga gedong gincuMangga satu ini menjadi salah satu favorit banyak orang karena rasanya yang manis, aroma harum dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Beriut adalah keunggulannya:

1. Rasa dan Aroma Buah

Rasa mangga gedong gincu ini manis pas artinya tidak terlalu manis dan tidak memiliki rasa asam sama sekali. Tak heran kenapa banyak sekali peminat dari mangga ini. Sangat cocok untuk dimakan langsung terutama pada siang hari karena rasanya yang segar. Selain itu, aroma buah sangat harum dan lembut. Aroma khas dan tidak dimiliki oleh mangga lainnya.

2. Daging Buah

Daging buah mangga ini cukup tebal untuk mangga pada ukurannya. Rasa lembut dan kenyal saat digigit serta sedikit serabut. Daging buah yang matang di pohon jauh lebih enak daripada buah yang di peram atau buah yang jatuh.

Jika kamu suka tekstur yang agak keras maka disarankan untuk menikmati buah ini saat keadaan setengah matang (mengkel). Tenang rasa buah ini tetap manis dan sedikit asam segar meskipun belum matang sempurna.

3. Warna Buah

Warna buah gedong gincu sangat unik dan menarik Karena warna merah yang dimiliki mangga ini terang dan tidak sedikit yang sampai mendekati warna orange. Warna buah yang masih muda berwarna hijau.

Namun, ketika mulai tua bagian atas buah akan berubah warna menjadi merah/orange yang perlahan meluas keseluruh bagian buah.

4. Ketahanan Buah

Keunggulan mangga ini mampu bertahan lebih lama dibandingkan dengan mangga lainnya. Ketika disimpan cukup lama kulit buah akan keriput tapi, bagian dalam atau daging buahnya masih segar dan tidak benyek.

Berbeda dengan mangga pada umumnya, ketika kulit buah keriput maka bagian dalam jadi lembek atau benyek. Selain itu, mangga ini tahan terhadap hama penggerek buah meskipun kulit buahnya tipis.

5. Mengandung Banyak Vitamin dan Serat

Mangga gedong gincu mengandung vitamin A, B, C, E, Potasium, Zat Besi, Selenium, kalsium dan lainnya. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Sedangkan serat yang terkandung dalam buah gedong gincu dapat menyehatkan sistem pencernaan.

Demikian penjelasan mengenai keunggulan mangga gedong gincu. Semoga bermanfaat…

Thanks..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *