iklan coffe

Manfaat Maggot BSF Untuk Lingkungan Hingga Pakan Ternak

Manfaat Maggot Maggot bsf merupakan ulat hasil ternak lalat black soldier fly (lalat tentara hitam). Lalat ini dapat dibudidayakan dengan memanfaatkan sampah organik dari limbah rumah tangga.  Hampir semua limbah organik dapat digunakan untuk media budidaya maggot mulai dari yang basah dan kering.

Sebelumnya, kita sudah membahas cara budidaya maggot menggunakan media kering. Nah, kali ini kita akan membahas lebih lanjut manfaat maggot bsf. Manfaat maggot salah satunya untuk pakan ternak seperti ayam, burung dan ikan.

Berikut ini adalah manfaat lalat tentara hitam:

  1. manfaat maggot
    instagram.com/tanto.bsf

    Pakan Ternak: Manfaat maggot untuk ayam, burung dan ikan dapat menjadi sumber pakan yang kaya protein. Maggot menjadi pakan alami yang murah dan mudah untuk didapat. Semakin murah pakan ternak yang dihasilkan maka akan semakin tinggi keuntungan yang di peroleh.

  2. Mengurangi Sampah Organik: Sampah organik akan semakin cepat terurai jika rutin dimanfaatkan untuk media ternak maggot. Sampah organik yang menumpuk akan mengakibatkan pencemaran ligkungan,seperti berbau busuk, dan mengundang lalat hijau.
  3. Tambahan Penghasilan: Budidaya maggot dapat menghasilkan pundi pundi rupiah. Hal ini tentu saja, karena harga maggot cukup mahal. Harga larva maggot kering oven saat ini dijual sekitar Rp70.000-95.000 per kilogram. Sedangkan, telur maggot dijual mulai dari Rp80.000-95.000 per 100 gram.
  4. manfaat maggot
    sumber foto: pixabay.com

    Kebersihan Lingkungan: Manfaat maggot untuk lingkungan akan mengurangi penumpukan sampah organik. Selain itu, budidaya maggot bsf dapat dilakukan tanpa bau busuk. Sehingga budidaya lalat bsf dapat menjadi alternatif untuk kebersihan lingkungan.

  5. Mengisi Watku Luang: Untuk sebagian Ibu Rumah Tangga yag memiliki waktu luang, ternak maggot dapat menjadi hobi yang menghasilkan uang.

Demikian penjelasan tentang manfaat lalat tentara hitam. Semoga bermanfaat dan jadi motivasi untuk kamu yang akan mencoba budidaya maggot.

Terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *