iklan coffe

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kecantikan Yang Natural

Manfaat Daun Sirih Merah – Tanaman sirih merah memiliki warna daun merah tua dengan bagian bawah merah mengkilap. Bentuk daun sirih merah sama dengan sirih hijau yaitu membentuk hati. Tanaman ini menjalar/merambat dan batangnya beruas-ruas. Daun sirih merah mengandung flavonoid, minyak atsiri dan senyawa polevenolad.

Kandungan senyawa flavonoid memiliki sifat antioksidan, anti kanker dan antiseptik. Karena sifat antiseptik dan anti jamur daun sirih merah sering digunakan untuk area kewanitaan atau miss v untuk mengatasi keputihan.

Sirih merah memiliki nama latin Piper crocatum dan termasuk kedalam famili piperaceae. Tanaman ini mampu tumbuh subur pada area yang teduh, lembab dan subur. Selain untuk kecantikan, daun sirih merah juga sering dimanfaatkan untuk kesehatan yaitu mengatasi penyakit ambeiean, bau mulut dan gatal-gatal.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kecantikan

Para wanita biasanya memiliki permasalahan pada kulit wajah contohnya jerawat, warna kulit tidak rata dan keriput atau penuaan dini. Beberapa masalah tersebut terkadang cukup mudah diatasi dengan produk kecantikan yang dijual di toko. Namun, terkadang sulit diatasi dan khawatir akan efek samping yang ditimbulkan. Daun sirih dapat dimanfaatkan sebagai masker organik atau alami yang aman untuk digunakan dan tidak memiliki efek samping. Nah, berikut ini adalah manfaatnya:manfaat daun sirih merah

  1. Masker organik: Khasiat daun sirih merah untuk kulit yaitu mampu membuat kulit wajah menjadi lebih kencang, melembutkan kulit wajah dan menyegarkan serta dapat membersihkan debu atau kotoran yang ada di pori-pori kulit. Cara membuat masker organik dari daun sirih merah juga cukup mudah. Campur serbuk daun sirih dengan perasan jeruk nipis, madu dan putih telur.
  2. Lulur: lulur digunakan untuk membuat kulit mulus, halus dan bersih yang biasa digunakan sebelum mandi. Untuk membuat lulur daun sirih diperlukan ekstrak daun sirih, tepung, minyak
  3. Mencegah penuaan dini: penggunaan masker dan lulur yang rutin akan mencegah terjadinya penuaan dini.
  4. Penghilang bau badan: senyawa yang terkandung dalam sirih merah dapat membunuh bakteri dan jamur yang mengakibatkan bau badan.
  5. Sebagai obat jerawat

Baca juga: Kandungan Dan Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Demikian penjelasan manfaat daun sirih merah bagi kecantikan. Berapa manfaat diatas dapat juga digunakan untuk kaum adam ya. Jangan lupa bagikan tulisan ini, supaya lebih banyak yang tahu manfaat sirih merah. Semoga bermanfaat dan terima kasih..

sumber: Kurniawan, S. 2013. Obat Ajaib Sirih Merah dan Daun Kelor. Bukubiru. Jogjakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *