iklan coffe

Kandungan Dan Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Manfaat daun kelor – Sahabat, sering kali kita dengar pepatah “dunia ini tidak selebar daun kelor”. Meskipun sudah familiar di telinga kita, tapi banyak juga yang belum tahu apa itu tanaman kelor. Tanaman ini sering dimanfaatkan untuk sayuran dan dibeberapa daerah digunakan untuk obat-obatan.

Tanaman kelor memiliki nama ilmiah Moringa oleifera. Tanaman ini termasuk kedalam jenis perdu yang dapat tumbuh tinggi sampai 11 meter. Batang kelor berwarna putih kotor, berkulit tipis dan permukaan kasar. Daun kelor berwarna hijau, kecil-kecil dan lonjong membulat. Tanaman ini sering digunakan untuk batas atau pagar dipekarangan rumah.

Kelor dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai sekitar 1000 mdpl. Tanaman ini dapat berkembangbiak dengan biji atau di stek menggunakan batang. Manfaat kelor sangat banyak diantaranya untuk kesehatan, untuk kecantikan (wajah) bahkan untuk ibu hamil.

Di beberapa daerah di Indonesia kelor sering dimanfaatkan untuk memperbanyak dan melancarkan ASI (air susu ibu). Bahkan, tidak sedikit ibu hamil yang mengonsumsi sayur daun kelor karena khasiatnya untuk sang ibu dan janinnya. Akar kelor juga bermanfaat untuk mengatasi haid, obat batuk, dan obat rematik.

Kandungan Dan Manfaat Daun Kelor

daun kelor sumber foto: pixabay.com

Tanaman kelor memiliki daun yang mengandung nutrisi lengkap seperti vitamin, mineral dan asam amino esensial. Berikut ini adalah beberapa zat yang terkandung dalam kelor:

  1. Protein dan lemak.
  2. vitamin A, B1, B2 dan C.
  3. Kalsium, karbohidrat, zat besi,
  4. magnesium, fosfor, kalium dan zinc
  5. kalori dan serat.

Kelor merpukan tanaman multiguna yang kaya manfaat. Hampir semua bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan. Akar kelor dapat digunakan sebagai campuran bumbu masakan untuk menambah nafsu makan. Air rebusan akar kelor bermanfaat untuk mengobati rematik, dan epilepsi.

Baca Juga: Cara Menanam Porang Di Lahan Terbuka Lebih Menguntungkan Petani

Bunga kelor dapat dimanfaatkan untuk obat flu, cacingan, sariawan dan radang tenggorokan. Biji kelor dapat digunakan untuk mengatasi muntah dan mual, mengobati kutil dan penyakit kulit ringan. Sedangkan, buah kelor dapat mengatasi rematik dan menjaga kesehatan organ reproduksi.

Daun kelor bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit dan dapat digunakan unutk masker wajah. Dapat mengatasi kekurangan vitamin dan mineral jika dikonsumsi. Menahan mengucurnya ASI yang berlebihan pada ibu menyusui.

Nah, demikianlah penjelasan singkat megenai kandungan dan manfaat daun kelor bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan tulisan ini supaya lebih banyak yang tahu..!

Terima kasih

 

Sumber: Kurniawan, S. 2013. Obat Ajaib Sirih Merah dan Daun Kelor. Bukubiru. Jogjakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *