May 27, 2020
makanan kelinci

9 Jenis Makanan Kelinci Terbaik Dan Bernutrisi Tinggi

Makanan Kelinci – Siapa yang tidak tahu kelinci? Hewan satu ini adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Meskipun menjadi lambang play boy tapi peminat hewan ini sangat banyak loh. Apalagi setelah banyak bermunculan kelinci hias yang menarik dan memiliki harga jual yang fantastis. Kelinci hias bulunya sekilas mirip dengan kucing hias dan namanya juga sama persis contohnya kelinci anggora.

Jika kamu ingin beternak kelinci maka kamu harus menentukan jenis kelincinya terlebih dahulu. Setelah itu, kamu harus mengetahui jenis makanan yang tepat untuk kelinci tersebut dan cara memberi makan yang benar. Pemberian makan dan minum yang kurang tepat dapat membuat kelinci stres dan pertumbuhannya terganggu.

Secara umum, ternak kelinci terdiri dari dua jenis yaitu ternak kelinci pedaging dan kelinci hias. Teknik budidaya kedua kelinci ini hampir sama, namun perawatan kelinci hias relatif lebih intensif. Jenis makanan kelinci pedaging dan hias juga relatif sama. Makanan kelinci yang baik adalah segar, bersih dan mengandung nutrisi yang tinggi.

Pemberian pakan kelinci sebaiknya terjadwal dan tepat waktu. Hal ini karena, kebiasaan kelinci yang makan sedikit tapi sering. Sehingga, pemberian porsi besar hanya dilakukan satu kali yaitu pada sore hari. Siapkan juga wadah khusus makanan kelinci supaya terkontrol kebersihannya dan makanannya tidak berserakan. Sediakan juga air minum kelinci di botol khusus untuk kelinci.

13 Makanan Kelinci Yang Bernutrisi Tinggi

makanan kelinciApapun jenis kelinci yang kamu pelihara, pasti kamu ingin kelinci tersebut tumbuh sehat. Nah, maka dari itu kamu harus memperhatikan makanan kelinci yang diberikan. Sebaiknya kamu memberikan makanan kelinci yang sehat dan bernutrisi. Oke, berikut adalah jenis makanannya:

  1. Wortel : Pasti kamu sudah nebak kalo wortel adalah makanan kelinci yang bernutrisi tinggi kan? Ya, karena sering kali kita lihat di film kartun kalo wortel jadi favorit kelinci nih. Kandungan vitamin A pada wortel cukup tinggi loh, sehingga wortel tidak hanya bagus untuk kelinci tapi juga untuk manusia.
  2. Rumput : Jenis rumput yang di sukai kelinci ternyata cukup banyak seperti rumput gajah, rumput jampang, rumput ginting dan rumput cakar ayam.
  3. Hay : Hay adalah makanan kelinci yang juga bernutrisi tinggi. Hay terbuat dari jerami atau rumput yang telah dikeringkan. Tujuan pengeringan pada hay supaya kandungan gizinya tidak menurun dan seratnya meningkat. Rumput yang dibuat hay memiliki daya simpan yang lebih panjang.
  4. Hijauan : Hijauan yang dimaksud adalah dedaunan seperti daun lamtoro, daun ubi jalar, daun pepaya, daun kacang tanah, dan daun turi. Beberapa jenis daun memiliki kadar air yang tinggi, sehingga harus dilayukan terlebih dahulu. Kenapa? karena kadar air tinggi dapat membuat kelinci kamu kembung dan mencret.
  5. Biji-bijian : Kelinci juga membutuhkan pakan yang mengandung protein seperti kacang tanah, jagung, dan kedela. Biji-bijian tersebut dapat kalian berikan pada kelinci secara terjadwal.
  6. Pelet Kelinci : Pelet atau pur tidak hanya untuk ayam dan ikan, pelet khusus kelinci juga sangat bagus untuk pakan kelinci. Pelet dapat meningkatkan berat badan kelinci, sehingga sering di gunakan peternak kelinci pedaging. Penggunaan pelet tidak di anjurkan berlebihan karena dapat menyebabkan kelinci mencret.
  7. Ubi Jalar : Kandungan kalori, serat, vitamin, dan mineral yang tinggi dalam ubi jalar sangat bagus untuk kelinci. Selain itu, ubi jalar juga dapat menjadi obat untuk kelinci yang mengalami sembelit. Pemberian ubi jalar di anjurkan satu kali dalam seminggu.
  8. Tomat : Nah, makanan kelinci yang satu kandungan vitamin A nya mirip dengan wortel loh. Selain itu, kandungan antioksidan dalam tomat sangat bagus untuk menjaga kesehatan kelinci. Kelinci sebaiknya diberi tomat 1-2 buah per hari yaitu pada pagi dan sore hari.makanan kelinci
  9. Sayuran : Beberapa sayuran dapat diberikan sebagai makanan terbaik kelinci. Jika harganya mahal, maka kamu dapat memberikan limbah sayuran sisa dari memasak contohnya kangkung, selada, dan brokoli. Kandungan vitamin, mineral dan serat dalam ketiga sayuran ini sangat cocok untuk pertumbuhan kelinci.

Baca juga:Cara Budidaya Belut Di Kolam Sederhana Tanpa Lumpur

Oke, itu dia 9 makanan kelinci terbaik dan bernutrisi tinggi untuk kelinci kesayangan. Perhatikan jadwal dan porsi makanannya supaya pertumbuhan kelinci optimal dan terjaga kesehatannya. Semoga bermanfaat untuk kamu yang akan memelihara kelinci.

Terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *