Ini Dia 11 Manfaat Porang | Nomor 7 Sebagai Isolator Listrik

Manfaat Porang – Tanaman porang (Amorphophallus muelleri) adalah umbi-umbian yang sekilas mirip dengan suweg atau iles-iles. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah sampai tinggi yaitu 0-700 mdpl. Porang dapat di tanam secara tumpang sari atau monokultur dilahan terbuka. Potensi tanaman porang masih sangat besar untuk kebutuhan lokal dan untuk ekspor.

Potensi porang yang masih sangat besar ini membuat petani melirik untuk budidaya tanaman porang. Tanaman ini sebenarnya sudah lama dikenal oleh masyarakat jawa timur. Kemudian, pada tahun 2019 seorang petani porang yang bernama Paidi Porang di undang oleh salah satu acara stasiun tv swasta. Beliau menceritakan kesuksesan dalam usaha porang dan menjadi viral di media sosial.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas cara menanam porang. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas manfaat porang. Porang adalah tanaman yang multi fungsi mulai dari bahan pangan, industri tekstil, industri kosmetik, farmasi, kelistrikan sampai pertambangan.

Berikut 11 Manfaat PorangĀ 

manfaat porang
foto: instagram.com/porang_jaya

Sebelumnya juga kita sudah bahas perbedaan porangĀ dan suweg, iles-iles serta walur. Kurang pas kalo kita belum tahu apa saja manfaat tanaman porang. Berikut ini manfaatnya:

1. Bahan Makanan

Porang mengandung glukomanan yang berbentuk tepung yang dapat menjadi bahan pembuat pangan sehat. Contoh olahan dari porang yaitu sereal, roti, pasta, mie, kue dan biskuit. Negara yang mengonsumsi porang cukup tinggi adalah Jepang dan Cina.

2. Obat atau Farmasi

Porang dapat menjadi alternatif bahan pangan yang bebas gluten. Sehingga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Selain itu, porang sering digunakan sebagai perekat kapsul dalam dunia farmasi. Glukomanan juga dapat menurunkan kandungan kolesterol.

3. Bahan Lem

manfaat porangGlokomanan pada porang dapat menjadi perekat atau lem yang ramah lingkungan. Banyak tanaman sejenis yang dapat menjadi bahan lem tapi tidak sebaik lem dari porang. Lem dari porang memiliki daya rekat yang kuat dan kedap air.

4. Industri Kertas

Porang dapat dijadikan campuran bahan kertas supaya kertas menjadi cukup kuat dan tekstur lemas. Di Jepang kertas sering dibuat manual untuk menghasilkan kualitas terbaik.

5. Industri Tekstil

manfaat porangGlukomanan dalam industri tekstil digunakan sebagai pengganti kanji. Fungsi dari glukomanan ini untuk membuat kain katun, wol, atau kain lainnya menjadi lebih mengkilap.

6. Pengganti Agar

Dalam dunia penelitian sering kali agar digunakan sebai media tumbuh mikroba yang sengaja dikebangbiakkan dalam laboratorium. Porang dapat menjadi penganti media agar tersebut. Hal ini karena, porang memiliki serat transfaran yang mudah larut di dalam air serta tidak memiliki bau.

7. Isolator Listrik

Glukomanan yang dihasilkan dari tanaman porang berbentuk gel. Sehingga dapat digunakan untuk pengganti gel silikon yang sering digunakan sebagai pembungkus kabel listrik.

8. Membuat Bahan Anti Air

Pemanfaatan glukomanan jika dicampur dengan bahan kimia tertentu dapat menjadi bahan anti air. Contoh parasut para penerjun payung.

9. Bahan Pengental Es Krim

manfaat porangEs krim sering kali cepat meleleh, sehingga diperlukan pencampuran glukomanan yang dapat menjadi perekat atau pengental alami sehingga es krim tidak mudah melele.

10. Pembersih Air

Porang memiliki serat yang mudah larut dalam air, tidak berbau, dan dapat memurnkan air. Memurnikan air dengan porang jauh lebih aman karena ramah lingkungan dan alami.

11. Industri Tambang Batubara

Dalam industri batubara sering kali dihasilkan limbah yang mencemari lingkungan. Contohnya partikel batubara yang terlarut dalam air dapat menyebabkan kualitas air menurun. Sehingga perlu dilakukan penjernihan, glukomanan dapat mengikat partikel batubara pada air tersebut.

Nah, demikian penjelasan tentang 11 manfaat porang. Tanaman ini sangat berguna dalam banyak bidang dan tentunya akan menjadi potensi besar untuk ekspor ke luar negeri. Semoga bermanfaat..

Terima kasih..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *