March 28, 2020

Diversifikasi Pangan Dan Tanaman Sumber Karbohidrat

Pangan adalah kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari untuk menghasilkan energi/tenaga sehingga kita dapat hidup. Di Indonesia padi menjadi sumber karbohidrat utama untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional. Sehingga produktivitas padi sangat menentukan ketahanan pangan nasional. Diversifikasi pangan bertujuan agar memanfaatkan sumber karbohidrat selain dari tanaman padi (Oryza sativa).

Indonesia sebagai negara tropis memiliki tanah yang subur dan dapat menghasilkan banyak jenis tanaman sebagai sumber karbohidrat. Contoh tanaman sumber karbohidrat yaitu jagung (Zea mays), sorgum (Sorghum bicolor), dan jawawut (Pannisetum typhoides).

diversifikasi panganSumber karbohidrat lainnya yaitu dari golongan umbi-umbian. Kelebihan dari umbi-umbian adalah mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan karoten. Contoh tanaman umbi-umbian adalah kentang (Solanum tuberosum), singkong atau ubi kayu (Manihot utilisima), dan ubi jalar yang memiliki nama latin (Ipomoea batatas).

Baca Juga:

7 Cara Mencangkok Tanaman Untuk Pemula! (Panduan Lengkap)

Bonsai | Ini Dia10 Foto dan Jenis Tanaman Bonsai

diversifikasi panganTanaman talas-talasan juga dapat menjadi sumber karbohidrat alternatif untuk diversifikasi pangan. Di daerah tertentu tanaman ini sering digunakan sebagai sayur. Selain itu, terdapat pula yang diolah menjadi bahan baku kue contohnya lapis talas bogor.

Sagu adalah sumber karbohidrat utama di wilayah timur Indonesia. Salah satu contoh makanan dari sagu adalah papeda. Makanan ini biasanya disantap dengan lauk ikan atau ulat sagu. Pohon sagu membutuhkan waktu 5-10 tahun untuk dapat dipanen sagunya. Proses pasca panen sampai diperoleh sagu cukup sulit dan satu batang sagu hanya dapat dipanen satu kali.

Sehingga perlu dilakukan upaya industri atau pabrik pengolah sagu yang lebih praktis dan aplikatif. Sehingga akan lebih banyak masyarakat khususnya wilayah timur yang tertarik untuk budidaya pohon sagu.

Upaya diversifikasi pangan perlu dilakukan untuk menjaga kestabilan pangan negara. Ketergantungan terhadap satu jenis sumber pangan dapat menjadi ancaman ketika terjadi serangan hama atau penyakit tanaman dalam skala yang luas. Contoh gagal panen padi akibat serangan hama wereng dan tikus. Gagal panen jagung akibat wabah penyakit bulai dan lainnya. Kasus-kasus seperti ini sering terjadi di Indonesia.

Sehingaa diversifikasi pangan menjadi solusi jangka panjang untuk Indonesia. Demikian penjelasan singkat tentang diversifikasi pangan. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Terima kasih..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *