iklan coffe

8 Cara Pengendalian Penyakit Gemini Virus Pada Tanaman Cabai

Penyakit Gemini Virus – Tanaman cabai merupakan salah satu komoditas hortikultura yang bernilai jual tinggi. Sehingga tidak heran, jika banyak petani yang membudidayakan cabai terutama jenis cabe merah.

Namun, tantangan yang sering dihadapi petani adalah hama dan penyakit cabai seperti penyakit gemini virus atau sering disebut virus kuning.

Gejala yang ditimbulkan virus gemini yaitu bagian pucuk daun berwarna kuning, tulang daun menebal dan daun menggulung keatas. Selanjutnya, daun mengecil sehingga tanaman akan mengerdil dan tidak berbuah.

Untuk mengatasi penyakit gemini virus kita harus mengetahui penyebab dan cara penularannya terlebih dahulu. Menurut, (cybext.pertanian.go.id) virus ini tidak ditularkan karena terbawa benih atau tanaman yang bersinggungan. Tapi, virus ini ditularkan oleh kutu kebul Bemisia tabaci atau Bemisia argentifolia.

Dalam kasus ini, kutu menjadi vektor pengantar virus gemini. Kutu dewasa yang mengandung virus gemini dapat menularkan virus pada tanaman cabai sehat saat dia menempel atau memakan daun cabai.

CARA PENGENDALIAN PENYAKIT GEMINI VIRUS

penyakit gemini virus
Gejala Gemini Virus

Pengendalian gemini virus dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan cara pencegahan sebagai langkah awal meminimalisir resiko kegagalan. Atau tindakan pengendalian saat gejala virus gemini mulai ditemukan di lahan. Berikut caranya:

  1. Menggunakan benih tahan atau toleran terhadap virus kuning : semakin canggihnya teknologi dalam bidang pertanian, mampu membuat ilmuan berinovasi menciptakan varietas cabai yang tahan terhadap gemini virus. Contoh cabai keriting jenis bukit tinggi dan indrapura.
  2. Mengolah lahan dengan baik : pembersihan lahan dari rumput atau gulma yang menjadi inang virus, membuat irigasi dan drainase yang baik.
  3. Membuat rak persemaian/pembibitan setinggi 1 meter dari tanah dan sungkup dengan paranet atau plastik yang telah dilubangi kecil-kecil
  4. Menggunakan pulsa perak:  penggunaan mulsa perak mampu menekan pertumbuhan kutu kebul yang menjadi vektor dari gemini virus.
  5. Pemupukan yang berimbang: pupuk yang berimbang mampu membuat tanaman tumbuh sehat dan memiliki dinding sel yang kuat. Jika telalu tinggi nitrogen maka tanaman mudah terserang hama dan penyakit .
  6. Mengatur populasi cabai agar tidak terlalu rapat dan merotasi dengan tanaman yang bukan inang virus gemini seperti tomat dan timun.
  7. Eradikasi tanaman sakit: bagian daun yang menguning dan keriting dibuang, lalu tanaman tersebut disemprot pupuk daun.
  8. Pengendalian dengan insektisida untuk menekan populasi kutu kebul contoh yang berbahan aktif abamektin, profenopos dan imidacloprid. Karena sampai saat ini belum ada pestisida untuk virus gemini.

Baca Juga:

 7 Cara Menanam Cabai Merah Agar Cepat Berbuah

Nah, demikian beberapa cara pengendalian penyakit gemini virus. Upaya terbaik adalah pencegahan dengan terus memantau populasi kutu kebul sedini mungkin. Langkah pengendalian kimia diambil sebagai langkah terakhir dan harus dilakukan secara bijaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *