iklan coffe

Cara Merawat Aglonema Supaya Tumbuh Subur dan Cantik

Cara Merawat Aglonema – Tanaman hias sri rezeki atau lebih familiar dengan sebutan aglonema/agloanema merupakan salah satu talas-talasan yang sedang digandrungi oleh masyarakat. Kecantikan warna dari daun aglonema membuat banyak orang terhipnotis ingin memilikinya.

Sebelumnya kita sudah membahas macam-macam aglonema dan harganya. Kali ini kita akan membahas cara  merawat tanaman agloanema supaya tumbuh subur. Tanaman yang tumbuh subur cenderung memiliki daun yang lebih indah dan menarik. Warna yang dihasilkan juga akan semakin terang dan aesthetic. 

Cara budidaya aglonema tidak sulit untuk dilakukan. Hal ini juga yang membuat tanaman ini cocok untuk seorang pemula sekalipun. Jenis tanaman ini, biasanya ditanam dipot dan menyukai lingkungan yang teduh serta agak lembab.

Cara merawat aglonema suksom, lipstik, heng-heng, red sumatra  atau aglonema yang rusah secara umum hampir sama. Nah, berikut adalah cara merawat aglonema supaya tumbuh subur dan cantik:

  1. cara merawat aglonema
    media tanam yang gembur

    Pilih media tanam yang tepat: Media tanam yang tepat untuk aglonema adalah media tanam yang gembur dan mampu menyimpan air cukup lama. Campuran tanah, arang sekam padi dan kompos biasanya menjadi pilihan yang tepat. Perbandingan yang digunakan yaitu 1:1:1, namun tidak sedikit juga yang menambahkan pupuk kandang.

  2. Penyiraman: Penyiraman yang rutin dan terjadwal menjadi salah satu faktor agar aglonema tumbuh subur. Penyiraman aglonema dapat dilakukan 1 kali dalam sehari yaitu pada sore hari. Jika media tanam yang digunakan mampu menyimpan air lebih lama, penyiraman dapat dilakukan 2 hari sekali.
  3. Pemupukan: Pemberian pupuk untuk tanaman aglonema dapat dilakukan sebulan sekali atau 2 bulan sekali. Jenis pupuk yang digunakan yaitu pupuk NPK majemuk contohnya NPK Mutiara 16-16-16. Namun, di beberapa daerah saat ini tersedia juga pupuk khusus daun untuk tanaman hias.
  4. Lokasi/Penempatan: Tanaman hias ini menyukai tempat yang teduh dan agak lembab. Sehingga tidak sedikit yang menempatkan aglonema didalam ruangan. Nah, jika ingin menempatkan agloanema diluar ruangan pastikan tempatnya tidak terlalu terik dan panas.
  5. cara merawat aglonema
    Aglonema Red Anjamani foto: bukalapak.com

    Pemangkasan Daun Layu: Daun yang sudah layu atau busuk sebaiknya dipotong dan dibuang. Biasanya daun aglonema bagian bawah akan cepat layu atau busuk apabila aglonema kurang cahaya matahari. Nah, tips untuk yang menempatkan aglonema dalam raungan. Jangan lupa sesekali aglonemanya dikeluarkan dan dijemur sebentar.

  6. Pembersihan Hama: Aglonema yang tumbuh subur dan terlihat cantik apabila daun bersih dari kotoran dan hama. Bersihkan daun agloanema dari debu dengan cara di elap menggunakan tisue atau kain lembab. Pengendalian hama dapat dilakukan dengan menggunakan air sabun dan sikat halus.
  7. Penggemburan: Media tanam yang digunakan lama kelamaan akan memadat. Peristiwa ini normal karena penyiraman yang kita lakukan. Sehingga perlu dilakukan penggemburan disekitar pangkal batang aglonema agar cepat tumbuh anakan.

Nah, demikianlah cara merawat tanaman hias aglonema agar tumbuh subur dan banyak anakan. Semoga bermanfaat ya. Terima kasih

Baca juga:

Cara Membuat Pakan Ayam Kampung! Murah dan Praktis

Cara Budidaya Maggot BSF Media Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *