March 28, 2020
cara menanam seledri

Ini Loh! 6 Cara Menanam Seledri Organik Dalam Polybag

Halo sobat tani.! sebelumnya kita sudah membahas cara menanam kangkung di pekarangan rumah. Nah, Kali ini kita akan bahas cara menanam seledri di dalam polybag. Sebanarnya, seledri dapat di tanam langsung di tanah, atau menggunakan pot dan ember bekas cat dan lain-lain.

Cara menanam seledri seledri adalah salah satu tanaman hortikultura yang juga bermanfaat sebagai tanaman obat. Di Indonesia seledri sering kali digunakan sebagai bumbu masakan. Tanaman ini memiliki nama latin (Apium graveleons) dan tergolong ke dalam famili Apiaceae.

Seledri banyak di budidayakan di daerah dataran tinggi. Namun, saat ini banyak varietas seledri yang telah dikembangkan  dan dapat tumbuh di daerah dataran rendah. Kamu dapat memilih benih seledri sesuai dengan ketingian tempat tinggal kamu. Semua informasi tentang benih seledri ada pada kemasannya. Benih dapat dengan mudah kalian temukan di toko-toko pertanian secara offline atau online.

Budidaya seledri mudah dilakukan baik untuk skala kecil di pekarangan rumah atau skala luas untuk bisnis. Budidaya seledri juga dapat dilakukan di dalam pot, polybag, rumah kaca atau hidroponik. Selain dapat menjadi bumbu masakan, tanaman ini memiliki banyak manfaat diantaranya obat rematik, asam urat, nyeri sendi, obat susah tidur, anti alergi dan cegah kanker.

6 Cara Menanam Seledri Organik

cara menanam seledri

Perbedaan antara seledri organik dan konvensional adalah dari teknik budidayanya. Teknik budidaya organik lebih menekankan untuk tidak menggunakan pupuk kimia dan pestisida kimia berbahaya. Sehingga lebih mengutamakan bahan organik atau alami yang tersedia di alam. Tujuannya untuk mendapatkan tanaman berkualitas, aman di konsumsi dan bebas dari residu zat berbahaya.

Sedangkan cara konvensional masih menggunakan pupuk kimia dan pestisida kimia berbahaya. Namun, tetap dengan cara yang bijak dan tidak melebihi dosis. Tujuannya untuk mendapatkan hasil yang tinggi dan keuntungan yang besar. Oke berikut 6 cara menanam seledri organik di polybag.

1. Persiapan Media Tanam

Media tanam untuk mengisi polybag harus dari tanah yang gembur, kemudian dicampur dengan pupuk kandang/kompos/pupuk organik dan sekam bakar. Perbandingan yang digunakan yaitu 1:1:1, kemudian aduk menjadi satu sampai merata. Terakhir masukkan media tanam ke dalam polybag ukuran 10 x  20cm.  Susun polybag dengan jarak 20 x 20cm dan ditempat yang terbuka.

2. Penyemaian Benih

Sebelum ditanam pada polybag yang sudah disiapkan. Sebaiknya benih terlebih dahulu di semai pada nampan atau tray semai. Tujuannya untuk memudahkan perawatan bibit.

cara menanam seledri

Pada proses ini siapkan media semai yang gembur dan daya serap airnya tinggi contohnya campuran tanah dan abu sekam padi. Sebelum benih di semai, rendam terlebih dahulu dalam air hangat kuku. Sortir benih yang kurang bagus dengan membuang benih yang mengambang.

Benih yang sudah direndam kemudian di semai pada media semai. Lalu, lakukan penyiraman rutin yaitu pagi dan sore hari. Setelah benih tumbuh dan memiliki 2-4 helai daun, maka benih sudah siap di pindah ke dalam polybag.

3. Penanaman

Penanaman bibit seledri ke dalam poly bag sebaiknya dilakukan sore hari. Hal ini dilakukan untuk menghindari layu karena panas trik pada siang hari. Penanaman pada sore hari juga dapat meminimalisir stersnya tanaman seledri. Sehingga pertumbuhan tanaman akan lebih cepat dan sehat.

Baca juga: 6 Cara Menanam Vanili Agar Cepat Berbunga

Penanaman seledri sebenarnya dapat juga dengan menggunakan anakan yang ada pada batang utama. Cara ini dapat dilakukan jika kamu sudah  memiliki tanaman seledri yang sudah besar dan memiliki anakan. Teknik ini tergolong dalam perbanyakan vegetatif dengan cara pemindahan anakan.

4. Pemupukan

Penggunaan pupuk dalam budidaya seledri organik harus tepat waktu dan tepat dosis. Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik yang memiliki kandungan unsur hara yang lengkap makro maupun mikro. Pupuk organik ada 2 macam yaitu pupuk organik padat dan cair.

Pupuk organik padat diberikan melalui akar contohnya pupuk kompos, pupuk kandang, dan pupuk hijau. Sedangkan, pupuk organik cair (POC) diberikan dengan cara disemprotkan melalui daun.

Namun, pupuk organik memiliki sifat slow release atau lambat tersedia bagi tanaman. Terutama yang diberikan melalui akar, sehingga akan lebih baik jika di tambahkan zat pengatur tumbuh pada penyemprotan POC.

5. Perawatan

Budidaya seledri organik di polybag membutuhkan perawatan khusus dan kesabaran. Hal ini karena dalam budidaya organik pupuk yang digunakan adalah pupuk organik dan pestisida nabati/alami. Pestisida nabati memiliki daya bunuh tidak sekuat dan secepat pestisida kimia. Sehingga, pengendalian hama lebih disarankan dilakukan sedini mungkin dengan cara mekanik atau melakukan pencegahan.

cara menanam seledri

Pengendalian hama menggunakan pestisida nabati yang terbuat dari tumbuhan tertentu. Contoh tumbuhan yang dapat digunakan untuk pestisida nabati yaitu, bawang putih, daun sirih, daun pepaya, tembakau dan lain-lain. Dengan racikan khusus tumbuhan tersebut dapat menjadi pestisida alami yang mampu membunuh hama. Namun, tidak meninggalkan residu zat berbahaya pada seledri.

Sedangkan pengendalian gulma dapat dilakukan dengan cara dicabut. Gulma dapat menyebabkan kerugian karena terjadi persaingan antara tanaman dan gulma pada penyerapan hara, air dan sinar matahari. Jenis gulma ada tiga yaitu gulma daun lebar, teki dan rumput. Rumput dikenal juga dengan gulma daun sempit contohnya rumput alang-alang, paspalum dan lain-lain.

6. Panen Seledri

Proses panen seledri dapat dilakukan berkali-kali atau sekali panen. Sekali panen yaitu dengan dicabut. Nah, budidaya seledri di polybag biasanya untuk skala rumah tangga dan di konsumsi sendiri. Jika demikian, panen sebaiknya dilakukan berkali-kali. Artinya seledri dipanen bagian daun bawah yang sudah tua dan seperlunya saja. Biarkan bagian pucuk terus tumbuh dan berkembang.

Dengan demikian, kamu dapat menghemat pengeluaran kebutuhan dapur dan mendapatkan seledri yang terjamin kualitasnya. Cukup sampai disini dulu pembahasan cara menanam seledri organik di dalam polybag. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kamu yang akan memulai tanam seledri di polybag.

Terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *