March 31, 2020
cara menanam mawar

Cara Menanam Mawar Yang Benar Agar Tumbuh Subur

Cara Menanam Mawar – Halo sobat tani..! apa kabar hari ini? semoga dalam keadaan baik ya.. Nah, sebelumnya kita sudah membahas cara menanam buah atau sayuran. Kurang lengkap kalo kita tidak membahas cara menanam bunga mawar. Karena bunga ini menjadi favorit hampir semua orang di bumi ini.

Bunga Mawar adalah tanaman hias yang paling banyak diminati di Indonesia bahkan dunia. Hal ini karena bentuk dan warna bunga ini yang sangat cantik. Selain itu, harum bunga mawar juga sangat khas dan sering digunakan sebagai parfum wanita. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang ingin tahu cara menanam mawar.

Nah, ada banyak sekali jenis bunga mawar contohnya beradasarkan warna. Ada mawar merah, mawar putih, mawar kuning, mawar hitam, mawar biru, mawar pink dan ada yang berwarna seperti batik atau pelangi. Mawar merah sering digunakan sebagai simbol cinta dan kasih sayang.

Selain dari warna, bentuk bunga mawar juga sangat beragam ada yang diameter besar mekar, ada yang kecil agak menguncup. Bunga mawar juga dapat menjadi simbol tertentu, misalnya ketika kamu menyukai seorang maka kamu dapat memeberinya bunga mawar merah.

5 Cara Menanam Mawar Agar Tumbuh Subur

cara menanam mawar
bunga mawar

Di beberapa daerah bunga mawar di budidayakan dalam skala yang luas untuk memenuhi permintaan pasar bunga mawar yang tinggi. Tapi, tidak sedikit juga yang ingin menanam mawar hanya untuk sekedar hobi. Tertarik untuk menanam mawar? berikut caranya:

1. Benih atau Bibit Bunga Mawar

Untuk menanam bunga kamu membutuhkan benih atau bibit. Sekarang tersedia banyak benih bunga mawar di situs-situs belanja online. Begitu juga dengan bibit bunga mawar yang tersedia di toko tanaman dan juga online shop.

Apa sih bedanya menggunakan benih dan bibit? Menggunakan bibit lebih cepat berbunga, karena secara umum bibit bunga mawar diperbanyak dengan menggunakan teknik stek. Nah, Apabila kamu menggunakan benih sebaiknya disemai terlebih dahulu sampai tumbuh dan siap dipindah ke Pot atau Lahan.

2. Pengolahan Tanah

Budidaya bunga mawar untuk skala usaha membutuhkan lahan yang cukup luas. Selain itu, bedengan untuk bunga mawar dibuat cukup tinggi yaitu 40 cm. Juga dibutuhkan rumah kaca dan atap plastik uv agar pertumbuhan bunga mawar optimal.

Namun, jika kamu ingin menanam bunga mawar di pot atau pekarangan rumah. Kamu harus menyiapkan media yang gembur, terdiri dari tanah, pupuk kandang/kompos, pasir dan sekam padi. Tanah dan pupuk kandang/kompos akan menjadi sumber nutrisi dan media tumbuh yang baik untuk perakaran. Sedangkan, pasir dan sekam padi akan membuat media memiliki drainase dan aerasi yang baik. Hal ini akan membuat akar mampu tumbuh dan berkembang secara cepat.

3. Penanaman

Sebelum tanam dilakukan, sebaiknya lahan atau media sudah disiapkan dan didiamkan minimal 2-3 hari. Penanaman juga sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Pastikan polybag pada bibit dilepas secara perlahan agar tidak merusak perakaran.

Setelah dibuatkan lubang, tanam bibit dengan posisi tegak. Lalu, tutup dengan media tanam dan ditekan perlahan, selanjutnya jangan lupa disiram.

4. Perawatan Tanaman

cara menanam mawarPerawatan tanaman mawar harus dilakukan secara rutin dan teratur. Ada banyak proses perawatan, diantaranya penyiraman, pemangkasan, pemupukan, penyemprotan, pemanenan dan seterusnya.

Semua proses ini sangat mudah dilakukan apabila kamu sudah terbiasa. Penyiraman bunga mawar sebaiknya dilakukan 1 hari sekali, yaitu pada pagi hari. Pemangkasan dilakukan apabila tunas tumbuh terlalu banyak dan tidak teratur.

5.  Panen Bunga Mawar

Proses panen dilakukan dengan memotong batang bunga mawar dengan panjang tertentu. Jika bunga mara yang dipetik untuk dijual biasanya ada kategori khusus. Misalnya panjang batang minimal 30 cm, bunga mekar, kelopak bunga utuh dan tidak terserang penyakit. Saat ini mawar merah masih menjadi unggulan di pasaran.

Baca juga: 6 Cara Menanam Vanili Agar Cepat Berbunga

Namun, jika kamu ingin panen untuk pribadi maka kamu dapat memetiknya sesuai selera. Disarankan untuk memotong tangkai bunga mawar yang kamu petik. Hal ini dapat merangsang munculnya tunas dan bunga lebih banyak.

Oke itu dia 6 cara menanam mawar yang mudah untuk seorang pemula. Semoga bermanfaat untuk kamu yang akan mulai menanam bunga mawar. Jangan sungkan tinggalkan pertanyaan atau pernyataan di kolom komentar. Terima kasih.!!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *