March 31, 2020
cara menanam kangkung

Cara Menanam Kangkung Darat Di Pekarangan Rumah

Halo sobat tani..!! apa makanan favorit kamu? adakah salah satunya kangkung? favorit atau tidak, pasti kamu tahu sayuran yang satu ini kan. Nah, sebelumnya kita sudah pernah membahas cara menanam seledri organik. Kali ini, kita akan bahas cara menanam kangkung.

Kangkung adalah salah satu sayuran yang paling terkenal di negara kita. Sayuran yang satu ini sangat banyak manfaatnya, bisa di oleh menjadi berbagai menu masakan. Bahkan bisa menjadi pakan ternak seperti. Selain itu, jika dimasak kangkung dapat menjadi menu yang sangat variatif contohnya tumis kangkung, cah kangkung, balacan, sayur asem kangkung dan lain-lain.

Secara umum ada dua jenis kangkung yaitu kangkung darat dan kangkung air. Namun, saat ini kamu dapat menanam kangkung darat dengan sistem hidroponik (tanpa tanah). Nah, kedua kangkung ini tidak memiliki perbedaan rasa loh tapi hanya berbeda habitat tumbuhnya saja.

Cara menanam kangkung darat atau air sangat mudah dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Kamu dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam kangkung terutama kangkung darat. Contohnya menggunakan pot, poly bag, ember bekas atau langsung di tanah.

5 Cara Menanam Kangkung Darat

cara menanam kangkung
bibit kangkung via: instagram.com/alamanda_farm

Harga kangkung memang relatif murah. Namun, ada baiknya jika kita dapat menanam kangkung sendiri di pekarang rumah. Karena, menanam kangkung di pekarangan rumah menjadi solusi pemanfaatan lahan yang kurang dimanfaatkan. Berikut ini cara menanam kangkung di pekarangan rumah:

1. Pengolahan Tanah

cara menanam kangkung
tanah subur

Tanaman kangkung sangat cepat tumbuh pada lahan yang gembur dan subur. Sehingga, kamu harus melakukan penggemburan tanah dengan cangkul. Selanjutnya, campurkan pupuk kandang, pupuk kompos atau sekam bakar lalu aduk hingga merata. Kemudian, masukkan ke dalam pot atau poly bag yang telah di siapkan.

Sedangkann, jika kamu ingin menanamnya langsung di tanah maka, kamu harus membuat guludan dengan lebar dan panjang yang menyesuaikan pekarangan rumah. Fungsi guludan atau bedengan adalah untuk menghindari genangan saat hujan dan membuat struktur tanah menjadi gembur.

2. Pemilihan Benih

Banih kangkung yang baik adalah kangkung unggul dan bersertifikat. Kemasan benih kangkung saat ini sangat variatif ada yang ukuran kecil sampai yang besar dengan berat 1 kg. Kemasan benih yang kecil sengaja di buat oleh produsen benih untuk mendukung urban farming yang saat ini booming di perkotaan. Jadi kemasan benih yang cocok untuk skala pekarangan rumah yaitu ukuran.

3. Penanaman

Penanaman benih kangkung dapat dilakukan dengan dua cara yaitu di tugal atau di tebar. Di tugal adalah di tanam 1-3 benih/biji kangkung per lubang. Penggunaan benih dengan cara tanam di tugal lebih hemat dan jarak tanam lebih rapih. Sedangkan, cara di tebar/tabur akan menghabiskan cukup banyak benih dan jarak tanam tidak teratur. Untuk lahan pekarangan rumah yang tidak begitu luas saya menyarankan penanaman dengan cara di tugal.

4. Perawatan Tanaman

Perawatan tanaman kangkung yaitu penyiraman, pemupukan dan pembersihan gulma. Penyiraman sebaiknya dilakukan rutin yaitu dua kali sehari pada pagi dan sore. Pemupukan tanaman kangkung tidak banyak, kita dapat hanya menggunakan pupuk organik saja. Atau kita juga dapat menambahkan pupuk anorganik seperti urea atau pupuk NPK Phonska. Proses pemupukan dilakukan dua kali yaitu 10 HST dan 23 HST.

5. Panen

Panen dapat dilakukan dengan cara dicabut atau dipotong. Umur panen yang tepat untuk cara dicabut yaitu sekitar 28-33 HST. Sedangkan, umur panen yang tepat untuk cara dipotong yaitu 36 HST. Tujuannya agar tinggi tanaman optimal dan batang bawah yang tersisa cukup tinggi. Sehingga pertumbuhan tunas baru akan lebih cepat dan banyak.

Demikian, penjelasan tentang cara menanam kangkung darat di pekarangan rumah. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kamu yang akan menanam kangkung. Jangan lupa tinggalkan pertanyaan atau pernyataan di kolom komentar.

Terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *