Cara Menanam Durian Musang King Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Durian – Halo sobat tani..! Apa kabar hari ini? semoga dalam keadaan baik ya. Nah, sebelumnya kita sudah pernah membahas cara menanam pepaya calina. Kurang apdol rasanya kalo kita belum membahas cara menanam rajanya buah yaitu durian.

Durian musang king adalah varietas unggul yang berasal dari negeri jiran yaitu Malaysia. Buah ini mulai dikenal luas di Indonesia pada tahun 2010/2011 dan semakin terkenal sampai tahun 2019.  Hal ini karena rasa durian ini yang manis, warna kuning tua, daging buahnya tebal dan biji kecil dan kempis. Sehingga, tidak sedikit para pecinta durian yang berani merogoh kocek dalam untuk menikmati buah ini.

Buah durian musang king masih sulit didapatkan di Indonesia. Sehingga harga durian musang king masih relatif mahal dan tak jarang yang mendatangkan langsung dari tempat asalnya. Sejarah singkatnya, durian musang king berasal dari wilayah sekitar goa musang di negara bagian kelantan (Malaysia) dan disebut juga mou san wan (raja kucing) sehingga akhirnya disebutlah durian Musang King.

Musang king sudah banyak di budidayakan di Indonesia di antaranya yaitu di Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Kalimantan, dan Sumatra Utara. Bibit buah ini awalnya didatangkan langsung dari Malaysia yang kemudian diperbanyak dengan cara cangkok, okulasi, atau sistem sambung.

Cara Menanam Durian Musang King

cara menanam durian
buah durian musang king via: instagram.com/mastani.id

Saat ini bibit durian musang king mudah untuk didapat, karena tidak sedikit toko pertanian atau toko bibit yang menjual bibit durian musang king unggul dan bergaransi. Nah, apabila kamu sudah mempunyai koleksi bibit ini maka kamu dapat memperbanyaknya sendiri dengan cara cangkok atau sambung. Tertarik untuk menanam durian musang king? berikut caranya:

1. Persiapan Lubang Tanam

Siapkan lubang tanam minimal 1 minggu sebelum tanam. Dengan ukuruan 1 x 1 m. dan dalam 70 cm. Setelah itu, tambah pupuk NPK sedikit saja dan pupuk kandang yang sudah matang ke dalam lubang tersebut sampai hampir penuh (3/4 lubang). Kemudian, aduk secara merata dan biarkan selama minimal satu minggu.

2. Penanaman

cara menanam durian
bibit durian musang king via: instagram.com/mastani.id

Apabila bibit yang akan kamu tanaman dari sebuah polybag maka, kamu harus membuka polybag tersebut dengan hati-hati agar tanah dalam polybag tersebut tidak pecah atau buyar. Polybag ini harus dibuang karena dapat menghambat perakaran tanaman apabila tidak dilepas.

Gunakan pupuk kandang yang ada dalam lubang untuk menutup dan meratakan area perakaran tanaman. Setelah selesai, lakukan penyiraman secara merata agar akar tanaman cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

3. Pemupukan

Pemberian pupuk organik dan pupuk anorganik harus dilakukan terjadwal dan tepat dosis. Tanaman yang masih kecil membutuhkan pupuk lebih sedikit dibandingkan dengan tanaman yang sudah besar. Pemberian pupuk organik dilakukan 4-6 bulan sekali dengan dosis 10 kg/pohon. Sedangkan, pemupukan pupuk anorganik NPK dilakukan 4 kali dalam satu tahun dengan dosis menyesuaikan umur tanaman.

4. Perawatan tanaman

Perawatan meliputi penyiraman, pemupukan, pemangkasan, pengendalian OPT, dan lain-lain. Perawatan tanaman harus dilakukan secara rutin agar tanaman dapat tumbuh secara optimal. Pengendalian gulma harus dilakukan terutama gulma pada sekitar batang tanaman. Gulma dapat menyebabkan persaingan dalam penyerapan air dan nutrisi.

5. Pengikatan buah

cara menanam durian
buah durian musang king via: instagram.com/mastani.id

hal ini dilakukan agar buah tidak langsung jatuh ke tanah. Buah yang jatuh tetap memiliki rasa dan tekstur yang sama. Tapi di khawatirkan akan membahayakan petani yang bekerja di kebun durian. Selain itu, penambahan penutup atas buah berupa papan tipis atau seng biasanya juga dilakukan untuk menjaga buah dari serangan tupai.

6. Panen

Panen raya durian dilakukan satu kali dalam setahun. Pada umumnya proses panen menunggu buah matang di pohon. Ada yang menunggu buah jatuh dan ada yang mengikat buah dengan tali agar tidak terjatuh saat matang. Ketika permintaan durian tinggi banyak petani yang memetik langsung durian tua di pohon. Nah, biasanya rasa durian yang seperti ini tidak seenak durian yang matang di pohon.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menanam durian musang king Malaysia yang fenomenal. Semoga tulisan ini dapat menambah informasi dan pengetahuan buat kamu yang mau menanam durian musang king.

Terima kasih!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *