July 15, 2020
cara menanam bawang merah

5 Cara Menanam Bawang Merah!! Mudah Dan Menguntungkan

Cara menanam bawang merah (Allium Sp.) sangat mudah, namun sebelum kita bahas secara detail. Apa sih tanaman bawang merah? Nah, tanaman ini merupakan tanaman hortikultura yang menjadi salah satu rempah-rempah di Indonesia. Bawang merah sering digunakan dalam bumbu masakan dan menjadi penyedap rasa makanan.

Salah satu daerah yang terkenal menjadi penghasil bawang merah adalah Brebes. Meskipun demikian, tanaman ini tetap dapat tumbuh di seluruh Provinsi Indonesia. Bawang merah dapat tumbuh pada dataran rendah sampai tinggi yaitu 50-1000 mdpl. Sehingga cara menanam bawang merah dapat di praktekkan oleh banyak orang.

Syarat tumbuh tanaman bawang merah yaitu pH tanah 5.5-6.5 dan 4 sampai 6 bulan kering. Namun, pertumbuhan bawang merah akan lebih optimal pada daerah beriklim kering. Menanam bawang merah pada iklim basah rentan terhadap hama dan penyakit.

Berikut Cara Menanam Bawang Merah

cara menanam bawang merah

Menanam bawang merah cukup mudah untuk dilakukan bahkan untuk seorang pemula sekalipun. Berikut adalah tahapannya:

1. Persiapan Lahan

cara menanam bawang merah
pembuatan guludan

Lahan untuk budidaya bawang merah harus memiliki sistem drainase yang baik. Sehingga guludan dibuat cukup tinggi yaitu 40-50 cm. Lebar guludan 1.2-1.5 m dan panjang guludan menyesuaikan lahan yang kamu akan garap.

baca juga: 7 Cara Menanam Cabai Merah Agar Cepat Berbuah

Kami sarankan panjang maksimal guludan 20 m, ini untuk mempermudah dalam perawatan tanaman. Selanjutnya, jarak antar guludan 50 cm dan kedalam irigasi samping minimal 30 cm. Kamudian, lakukan penggemburan tanah pada guludan dan tambahkan pupuk organik.

2. Penanaman

Jarak tanam bawang merah yaitu 15×15 cm. Jarak tanam bawang merah pada musim hujan 20×20 cm. Hal ini dilakukan karena pertumbuhan bawang merah pada musim hujan lebih subur dan cepat. Untuk bibit yang akan ditanam harus bibit unggul yang bebas dari hama dan penyakit.

Saat akan melakukan penanaman bagian atas bibit bawang merah dipotong sedikit. Hal ini untuk merangsang pertumbuhan bibit.

3. Perawatan Tanaman Bawang Merah

 

 

 

cara menanam bawang merahTanaman bawang merah memerlukan perhatian khusus dan perawatan yang intensif. Tanaman ini rentan terhadap hama dan penyakit. Contoh hama yang dapat menyebabkan kerugian pada fase pertumbuhan yaitu ulat grayak yang menyerang bagian daun bawang merah.

Sedangkan, penyakit yang sangat berbahaya bagi tanaman bawang merah adalah penyakit moler atau inul (penyakit bercak ungu). Penyakit ini disebabkan oleh jamur patogen dan dapat berkembang cepat terutama pada musim hujan.

4. Panen

Bawang merah dapat dipanen mulai dari umur 55-65 hari tergantung varietas yang ditanam. Ciri tanaman bawang yang siap dipanen yaitu daun mulai menguning dan rebah, umbi tampak menonjol, dan warna umbi merah. Cara penen bawang merah sangat mudah dilakukan yaitu dengan mencabut tanaman sampai umbinya terangkat.

5. Pasca Panen

Proses ini juga sangat menentukan kualitas bawang merah yang dihasilkan. Proses ini meliputi pengikatan umbi yang sudah dipanen, pengeringan/penjemuran, pembersihan, sortasi sampai akhirnya dikemas dan siap di distribusikan ke pasar.

Demikian penjelasan tentang cara menanam bawang merah. Semoga tulisan ini dapat menjadi bahan referensi kamu untuk menambah informasi dan wawasan. Terima kasih..

One thought on “5 Cara Menanam Bawang Merah!! Mudah Dan Menguntungkan

  1. prospek usaha budidaya bawang merah brebes amat bagus karena bawang termasuk bumbu pokok dalam masakan. Tanpa bawang, akan ada rasa yang kurang sedap dalam masakan. Terdapat puluhan ton bawang merah keluar wilayah Brebes setiap harinya. Kesemuanya itu bagi memenuhi permintaan konsumen dari aneka daerah. Hal tersebut pasti membikin prospek usaha bawang merah masih terbuka lebar. Sumber tulisan : https://www.peluangusahaterbaruku.com/2017/12/budidaya-bawang-merah-brebes-panen-2.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *