May 27, 2020
jenis kelinci anggora

4 Jenis Kelinci Anggora Yang Populer Di Indonesia

Kelinci anggora adalah kelinci hias yang memiliki bulu yang lebat dan panjang. Hewan yang lucu satu ini berasal dari daerah sub-tropis yaitu Ankara, Turki. Kelinci anggora sengaja dibudidayakan oleh negara-negara di Eropa untuk di ambil bulunya. Beberapa jenis kelinci anggora menjadi favorit industri tekstil karena wool-nya mudah untuk di pintal. Selain itu, keunggulan wool dari kelinci anggora yaitu memiliki tekstur yang halus dan lembut.

Di daerah asalnya kelinci anggora bukanlah kelinci hias, namun karena di Indonesia jarang sekali kelinci yang berbulu lebat dan panjang maka jadilah kelinci hias. Perawatan kelinci anggora tergolong susah-susah gampang. Beberapa jenis kelinci membutuhkan perlakuan khusus dan intensif, contohnya kelinci anggora Inggris. Bulunya yang mudah kusut dan rontok membuat kelinci ini tidak cocok untuk seorang pemula.

Jenis kelinci anggora sangat banyak, namun tidak begitu populer di Indonesia. Contohnya seperti anggora Jerman, anggora Korea dan anggora Swiss. Sedangkan anggora yang populer di Indonesia adalah anggora Inggris, Perancis, Satin dan anggora Giant. Secara umum, kelinci anggora adalah hewan yang jinak dan tidak terlalu aktif dibandingkan kelinci lainnya.

4 Jenis Kelinci Anggora Populer di Indonesia

jenis kelinci anggoraDaya tarik kelinci anggora adalah bulunya yang lebat, panjang dan halus. Sehingga dalam memelihara kelinci anggora dibutuhkan ketelatenan terutama perawatan bulu dan kebersihan kandang. Beberapa jenis kelinci membutuhkan perawatan ekstra karena sifatnya yang sensitif.

1. Anggora Inggris

Ciri utama anggora inggris yaitu memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan anggora lainnya. Bobot anggora Inggris yaitu sekitar 2,3 sampai 3,2 kilogram. Bulunya tebal dapat tumbuh menutupi muka dan telinga. Bulunya yang halus dan panjang juga mudah kusut dan rontok, sehingga membutuhkan perawatan yang telaten. Biasanya anggora Inggris sering digunakan sebagai hewan pertunjukan.

2. Anggora Perancis

Ciri utama anggora Perancis adalah warna bulu yang beragam dan ukurannya yang relati lebih besar dari anggora Inggris. Bobot anggora Perancis dapat mencapai 3 sampai 4,8 kilogram. Selain itu, pertumbuhan bulu anggora Perancis sangat cepat dan panjang. Anggora Perancis cocok untuk seorang pemula, karena tidak seintensif merawat anggora Inggris.

3. Anggora Satin

Anggora satin adalah jenis yang banyak dibudidayakan untuk diambil woolnya. Wool dari anggora satin menjadi favorit industri tekstil karena mudah untuk di pintal. Bobot anggora satin dapat mencapai 3 sampai 4 kilogram dan warna bulu yang bervariasi.

4. Anggora Giant

Sesuai dengan namanya anggora giant memiliki bobot yang lebih berat dibanding jenis lainnya. Bobot anggora giant dapat mencapai 5 kilogram. Kerena ukuran tubuh yang besar maka hasil dari bulu anggora giant juga lebih banyak dibandingkan jenis lainnya. Bulu anggora giant berwarna putih dan tidak mudah rontok.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam budidaya kelinci hias yaitu makanan kelinci yang bernutrisi tinggi, kebersihan bulu dan kandang, tipe kandang yang tepat dan kesehatan kelici.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *